Jumat, 10 Mei 2013

Contoh Notula Rapat



XII B.Indonesia - Contoh Notula Rapat/Diskusi


NOTULA  RAPAT
BUKU TAHUNAN
Tempat         : Ruang Kelas XI IPA 2
Hari/tanggal : Rabu/17 Oktober 2012
Waktu          : 09.30 – 10.00
Pemimpin     :  Tio pramudya (Ketua Osis)
Pembicara     : Putri saraswati, Maulana Malik dan Riswandika Rahmadianto
Peserta          : Hadir : 25 orang
1.) Anggota Osis : 10 orang
2.) Perwakilan kelas X-XII : 15orang
Acara            : Rapat Buku Tahunan Angkatan 18 SMAN 1 Polman
Ringkasan jalannya Rapat                :
·         Diskusi dibuka pada pukul 09.30  oleh ketua osis dengan mengucap basmalah
·         Pembicara menyampaikan pokok diskusi kepada peserta
Buku tahunan sudah menjadi tradisi setiap tahun di SMAN 1 Polman, buku ini berfungsi sebagai buku kenang-kenangan bagi siswa yang akan lulus setiap tahun. Waktu untuk pemotretan setiap kelas adalah tiga minggu untuk 8 kelas XII, pelaksanaannya sabtu sore, minggu pagi dan sore. Setiap waktu dilaksanakan pemotretan untuk satu kelas. Setiap kelas diberi 14 halaman di buku tahunan tersebut, 8 halaman untuk foto kelompok dan 6 halaman untuk foto pribadi dan kenang-kenangan. Untuk fotografer, sudah disewa sekolah sebagai juru potret untuk pemotretan setiap kelas. Setelah dilakukan pemotretan seluruh kelas, akan dilaksanakan preview atau pengeditan sebanyak dua kali. Setelah dilakukan pengeditan akan dicetak dengan tenggang waktu 1 hingga 2 bulan.
Berdasarkan hasil diskusi rapat sebelumnya, sudah ada 3 usulan tempat pemotretan,
1.      Di Pantai
2.      Di Cibodas
3.      Di Taman Bermain DUFAN
·         Pada pukul 09.42 seorang peserta bernama Khoirul Fatimah Putri bertanya mengenai konsep kelas XI IPA 2 di buku tahunan tersebut, apakah berbentuk cerita atau hanya sekedar foto-fotonya saja?
Jawaban: jadi, tema foto kelas XI IPA 2 adalah petualangan, jadi kita bias membuat cerita atau prolog di bawah foto-foto tersebut
·         Pada pukul 09.45 seorang peserta bernama Fajar Prihatno bertanya mengenai karakter masing-masing siswa, apakah bias hilang ketika berfoto gaya pantomime yang telah disepakati dari diskusi sebelumnya? Bagaimana cara mengatasinya?
Jawaban: ekspresi wajah ketika berfoto, disesuaikan dengan watak masing-masing siswa, semuanya pasti akan berbeda-beda, sehingga akan timbul cerita yang kohesif nantinya.
·         Pada pukul 09.48 seorang peserta bernama Muhammad Zulfi Buzairi menyarankan untuk mendiskusikan tempat ketiga, yaitu Dunia Fantasi sebagai tempat pemotretan yang telah disepakati sebelumnya, fokus pada pemotretannya, karena foto-foto tersebut akan menjadi kenang-kenangan ketika semua sudah lulus dari SMAN 1 Polman, dan Muhammad Zulfi setuju dengan tema yang diambil yaitu pantomim.
·         Pada pukul 09.50 seorang peserta bernama Janan Shofiyah Amatulloh bertanya mengenai tanggal pelaksanaan pemotretan untuk kelas XI IPA 2, biaya dan peralatan yang dibawa.
Jawaban: untuk waktu pemotretan, kelas XI IPA 2 memilih waktu sore karena cocok sekali dengan tema yang kelas ini ambil, tapi berangkat ke lokasi pemotretannya pagi, dan karena kelas XI IPA 2 mengambil lokasi taman bermain, sebisa mungkin difokuskan untuk berfoto, jangan bermain. Untuk dana, masing-masing anak dikenakan biaya Rp100.000, sudah termasuk tiket masuk dan biaya transportasi. Nantinya akan berangkat pada pukul 07.00 secara bersama-sama, karena Dufan dibuka pada pukul 10.00 pada hari sabtu, dan masing-masing siswa bertanggung jawab terhadap barang bawaan dan dirinya masing-masing. Untuk pembayaran tiket masuk, akan dibayar dahulu oleh Janan berdasarkan diskusi sebelumnya, dan nanti siswa semua bisa mengkredit pembayaran sampai lunas setelah acara dilaksanakan. Untuk masing-masing siswa membawa alat sholat, makan siang dan barang-barang pribadi yang ingsin dibawa.
·         Rapat ditutup dengan mengucap hamdalah pada pukul 10.00
Hasil rapat    :
  1. Buku Tahunan Angkatan 18 SMAN 1 Polman untuk masing-masing kelas berisi 14 halaman di buku tahunan tersebut, 8 halaman untuk foto kelompok dan 6 halaman untuk foto pribadi dan kenang-kenangan.
  2. Tema Buku Tahunan Angkatan 18 SMAN 1 Polman yaitu Pantonim dan akan dilakukan pemotretan pada:
Hari, tanggal :  Sabtu, 20 oktober 2012
Jam :  10.00-selesai
Tempat :   Dufan
  1. Masing-masing siswa diharapkan untuk membayar uang iuran dalam rangka pembuatan buku tahunan yaitu sebesar Rp.100.000
Catatan khusus:
Hasil rapat  ini akan disampaikan oleh ketua osis kepada kepala sekolah untuk meminta persetujuan.





Polman, 17 Oktober 2012









Pemimpin                                                                                  Notulis




Tio Pramudya                                                                       (Nur Septyarini Justa)